Cara Merawat Batik dengan Ekstrak Buah Lerak

Cara merawat batik

Penggunaan pakaian batik kini semakin populer di masyarakat karena batik kini telah dirancang dan didesain menjadi ragam pakaian modern sehingga tidak lagi terkesan kaku dan konservatif seperti dahulu. Pakaian batik masa kini bukan hanya disukai oleh orang dewasa saja akan tetapi anak muda dan kaum remaja pun terlihat begitu bangga mengenakan batik yang merupakan hasil kreasi seni budaya bangsa sendiri tersebut. Batik itu dibuat dengan teknik khusus dengan penggambaran motif dan corak yang dituliskan atau diterakan menggunakan malam. Teknik pembuatan motifnya yang khas dan berbeda dengan teknik penggambaran motif pada jenis kain lain tersebut membuat batik harus diperlakukan secara khusus agar batik yang dimiliki tetap awet dan warnanya tidak cepat pudar. Cara merawat batik itu sendiri sebenarnya simple untuk dilakukan dan pastinya tak akan membuat kita kerepotan.

Salah satu cara merawat batik baik itu yang masih berbentuk kain ataupun yang sudah dibuat menjadi pakaian ialah dari cara pencuciannya. Mencuci pakaian batik tentunya tidak sama seperti mencuci pakaian jenis lainnya. Untuk mencuci batik tersebut sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan deterjen guna menjaga warna pakaian batik tetap terjaga dengan baik. Sebagai pengganti deterjen, untuk mencuci batik ini disarankan menggunakan buah lerak yaitu satu jenis buah yang dinilai ampuh membersihkan batik dari berbagai macam kotoran dan noda namun tetap dengan menjaga kualitas warna dari batik yang dicuci tersebut.

Buah lerak sendiri mungkin saat ini tidak banyak orang yang mengetahuinya. Buah lerak yang berasal dari tanaman lerak dengan nama latin Sapindus rarak ini memang telah dikenal sejak dahulu sebagai buah yang dapat mencerahkan warna batik. Tanaman lerak ini tingginya bisa mencapai 42 meter dengan diameter batang 1 meter dimana buahnya yang sudah tua memiliki warna cokelat kehitaman. Buah lerak yang akan digunakan untuk mencuci batik caranya ialah dengan meremas-remas buah lerak tersebut terlebih dahulu sampai mengeluarkan busa. Setelah itu tambahkan air secukupnya lalu rendamlah batik pada larutan ekstrak buah lerak itu. Cara lainnya yang dapat dilakukan ialah dengan mengeringkan dahulu buah lerak yang akan digunakan untuk mencuci batik tersebut. Setelah kering tumbuklah buah lerak kemudian campur dengan air hangat. Dan larutan buah lerak itu siap dipergunakan untuk merendam batik yang kita miliki.

Leave a Reply