5 Perawatan untuk Bayi Baru Lahir

cara merawat bayi

Pertanyaan sering timbul bagi ibu yang baru pertama kali mendapatkan momongan. Misalnya, kenapa bokong bayi merah? Apakah lidah bayi harus dibersihkan? Berapa kali dalam sehari bayi harus dimandikan? Dan lain sebagainya. Tidak bisa dipungkiri lagi memang merawat bayi bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Namun jika cara merawat bayi yang anda lakukan tidak benar dan kebersihannya tidak dijaga, maka bayi akan rentan terhadap serangan penyakit yang mengancam kesehatannya.

Jika memang anda masih bingung merawat bayi yang baik dan benar, mungkin 5 cara merawat bayi di bawah ini bisa anda lakukan;

1.Perawatan Tali Pusat

Tali pusat ini merupakan bagian penting yang harus anda perhatikan, karena bagian ini sangat rentan terkena infeksi. Jika tali pusat terkena air ketika dimandikan, maka segeralah keringkan. Jangan menggunakan ramuan atau obat apapun di bagian tersebut, biasanya tali pusat akan putus setelh 1 – 2 minggu setelah kelahiran, tapi bisa juga terjadi lebih awal atau lebih lambat.

  1. Perawatan Kulit Bayi

Kulit yang bayi merupakan bagian yang selalu diincar oleh berbagai kuman penyakit. Oleh karena itu, sebaiknya anda rutin membersihkan kulit bayi tersebut dengan rutin memandikannya setiap hari minimal sehari sekali. Caranya bisa langsung dimandikan di bak mandi bayi, atau mengusapnya dengan lap yang sudah dibasahi. Jika ingin menggunakan sabun, pilihlah sabun yang mengandung PH balance supaya tidak pedih ketika terkena mata dan piihlah sabun yang cocok untuk kulit si kecil.

  1. Perawatan Mata Bayi

Merawat mata bayi bisa dilakukan dengan cara memijatnya dengan menggunakan jemari dan pastikan kuku ibu tidak panjang. Atau juga bisa menggunakan cotton bud yang sudah dibasahi dengan air yang sudah matang. Lakukanlah dengan lembut, usah dari bagian luar ke dalam dan sebaliknya sekitar 5 hingga 10 kali.

4.Perawatan Kulit Kepala

Kulit kepala bayi biasanya rentan dengan yang namanya cradle crap atau yang sering disebut kerak kulit kepala. Hal itu bisa terjadi karena kulit kepala bayi terpolusi dengan udara dan debu, namun masalah seperti ini tidak begitu berbahaya. Cara mengatasinya yaitu bisa dengan menggunakan baby oil yang kemudian dilakukan pemijatan dengan lembut.

  1. Perawatan Rambu Bayi

Agar rambut bayi bisa tumbuh lebat, sebenarnya tidak selalu menggunakan shampoo, tapi juga bisa menggunakan bahan alami seperti seledri yang berguna untuk menstimulasi pertumbuhan.

Leave a Reply