Cara Merawat Clodi Mudah dan Aman

cara merawat clodi

Zaman sekarang ini sudah banyak anak-anak yang menggunakan pampers ataupun popok kain. Ada beraneka ragam merek dan model pampers yang beredar dipasaran. Tinggal kita saja memilih mau menggunakan pampers yang mahal ataupun yang murah. Sesuai perkembangan zaman kini sudah ada popok kain yang diberi nama clodi. Clodi ini lebih murah dan efektif karena bisa dicuci pakai berkali-kali. Jika banyak yang berfikiran clodi itu ribet, namun sebenarnya tidak. Menggunakan Clodi sebenarnya bisa simple, awet dan juga tahan lama. Dengan cara penggunaan dan cara merawat clodi yang baik, tentu saja penggunaannya pun menjadi sangat mudah dan aman. Berikut adalah cara merawat clodi:

  1. Cara mencuci clodi

Untuk clodi baru yang belum pernah dipakai sebaiknya dicuci terlebih dahulu menggunakan deterjen. Manfaatnya untuk menghilangkan kotoran dan juga lilin dari pabrik clodi yang membantu bentuk clodi mengembang. Sebaiknya lakukan pencucian sebanyak 3 kali agar clodi benar-benar bersih. Mencuci dapat dengan mesin cuci maupun secara manual dan hindari pemakaian sikat. Pastikan tidak ada sisa deterjen yang tertinggal, karena dapat mengakibatkan kebocoran akibat tidak terserapnya air pipis oleh insert. Disaat mencuci dengan mesin cuci, clodi bisa anda masukan di laundry net supaya tidak tertarik-tarik dengan pakaian lain , sehingga membuat clodi cepat melar. Jangan gunakan deterjen yang mengandung enzim pemutih, pelembut dan soap base, karena mengadung minyak yang dapat menempel pada clodi dan menimbulkan iritasi kulit. Gunakanlah Rinso , deterjen yang aman. Bilas sampai bersih saat mencuci lalu jemur di bawah sinar matahari langsung atau diangin-anginkan. Clodi tidak perlu disetrika, setelah kering bisa anda gunakan kembali.

  1. Perawatan dan penggunaan clodi

Penyimpanan clodi kotor ada 2 macam, yaitu basah dan kering. Penyimpanan basah adalah merendamnya dengan air beberapa saat lalu dicuci. Penyimpanan kering, penyimpanan dalam kantong kotor baru selanjutnya dicuci. Hindarilah penggunaan cream yang berminyak saat memakai clodi, karena cream ini dapat menempel pada clodi dan sulit dibersihkan.

Sebaiknya lakukanlah stripping sebulan sekali, ini bertujuan untuk menghilangkan sisa deterjen pada kain. Caranya sangat mudah, rendamlah celana dan insert yang sudah dicuci dengan air hangat 40 derajat celcius. Lalu bilaslah dengan air sehingga tidak ada busa lagi yang keluar.

Itulah beberapa tips cara merawat clodi, semoga bermanfaat.

Leave a Reply