Ini Dia Hal yang Harus Anda Cermati Saat Ingin Membeli Rumah Second untuk Pertama Kali

Ini Dia Hal yang Harus Anda Cermati Saat Ingin Membeli Rumah Second untuk Pertama Kali

Rumah baru atau pun rumah second sebenarnya tidak ada perbedaannya. Semua harus dipertimbangkan dengan cara yang lebih teliti. Bila Anda membeli rumah second, Anda harus mencermatinya dengan seksama, dikarenakan kondisi yang tertentu akan berbeda dengan rumah baru. Rumah baru saat ia selesai di bangun, ia akan langsung di tempati namun untuk rumah second ia akan mengalami perjalanan waktu.

Untuk rumah second atau rumah yang sudah pernah di tempat oleh pemilik yang sebelumnya, tentu ia memiliki kondisi yang lebih berbeda dengan rumah yang baru. Untuk memilihnya tentu saja Anda memerlukan penglihatan yang jauh lebih jeli. Namun membeli rumah ini tidak terasa mudah seperti Anda saat membeli barang bekas Anda harus sabar dan cermat untuk mencarinya.

Kecermatan saat mengamati rumah second memang sangat diperlukan. Bila Anda tidak cermat untuk melakukan pemilihan alih-alih mendapatkan keuntungan, Anda malah mendapatkan rumah yang tidak layak huni dan bagus tampilan luarnya saja. Bahkan, bisa saja Anda akan mengeluarkan uang berlebih untuk membiayai perbaikannya.

Sebelum Anda melakukan pembelian rumah second, lebih baik Anda memperhatikan berbagai hal dibawah ini, seperti:

  • Kondisi rumah. Untuk melihat seperti apa kondisi rumah yang akan Anda beli memang tidak semudah seperti yang dibayangkan. Anda harus melihat kondisi atau pun ketahanan yang berada di setiap bagiannya. Pastikan jika rumah masih layak untuk di tinggali. Jika memerlukan perbaikan, perbaikan yang dilakukan tidak membutuhkan biaya yang besar. Fokuskan perhatian di dinding rumah seperti cat terkelupas atau rembes,
  • Budget. Karena budget yang Anda sediakan untuk membeli rumah ini lebih murah, tentu saja Anda tidak bisa mendapatkan kualitas seperti rumah yang memiliki harga mahal. Pastikan budget yang sudah Anda sediakan ini memadai untuk digunakan sebagai pendanaan rumah yang sesuai dengan keinginan Anda,
  • Seperti apa lingkungan yang ada di sekitarnya. Lakukan survei kecil untuk melihat seperti apa lingkungan yang berada di sekitarnya. Pastikan jika di sekitar lingkungan terdapat fasilitas umum yang memadai.

Leave a Reply