Kuliner Khas Jawa Timur yang Paling Legendaris

Kuliner Khas Jawa Timur yang Paling Legendaris
Kuliner Khas Jawa Timur yang Paling Legendaris

Salah satu provinsi di Indonesia yang menyajikan makannya yang berbeda dan enaknya yang khas ialah provisi Jawa Timur yang seriing di kunjungi banyak wisatawan. Jadi, ketika anda sedang berada di Jawa Timur anda harus mencoba makanan khas dari daerah ini. Tak hanya populer di daerah Jawa Timur saja, makanan khas daerah ini juga terkenal di berbagai penjuru kota di Indonesia. Tak heran, jika beberapa makanan andalah khas Jawa Timur paling legendaris dan banyak yang menyukainya. Apa saja sih kira – kira? Ini dia kuliner kha Jawa Timur yang paling legendaris, diantaranya sebagai berikut :

  • Rawon

Makanan ini merupakan makanan asli Jawa Timur dan paling umum sekaligus paling terkenal. Makanan ini memiliki kuah yag berwarna hitam yang warna alami dari buah kluwek. Rawon pasuruan bisa dikatakan sebagai makanan yang kaya akan rasanya yang khas. Lebih nikmat lagi jika dimakan ditemani nasi hangat, kerupuk udang, dan taburan bawang goreng. Jangan lupa juga menambhakan taguge, sayuran, daging sapi, hingga telur sebagai santapan lezat rawon ini. Anda akan puas setelah menikmati rawon andalan Jawa Timur ini.

  • Rujak cingur

Rujak cingur juga merupakan makanan andalan Surabaya yang merupakan ibukota provinsi Jawa Timur. Kuliner ini terbilang unik yang berisi berbagai sayur, lontong, tahu yang kemudian ditaburi bumbu kacang yang dicampur petis. Yang unik lagi, makanan ini diberi tambahan cingur atau hidung kerbau yang membuat rasanya enak dan khas. Penasaran dengan rasanya? Cobalah menikmati makanan ini

  • Lontong balap

Lontong balap, makanan khas Jawa Timur ini wajib anda coba dikarenakan paling legendaris. Isian dari lontong ini berupa sayur tauge, lontong, tahu goreng, lenthok dan campuran bahan lainnya.

  • Tahu tek

Kuliner ini bisa dibilang sederhana, tapi menjadi icon khas Surabaya yang juga merupakan ibukota provinsi ini. Makanan ini sangat sederhana isinya yakni tahu goreng, kentang, dan lontong yang dibalur petis yang sudah di bumbui diatasnya. Sayurannya pun terdiri dari kecambah dan seledri yang ditaruh diatasnya. Lebih nikmat lagi jika dimakan bersama kerupuk udang dan dinikmati selagi hangat.

  • Pecel lele

Makanan khas Jawa Timur ini sangat legend, apalagi pecel lele ini memiliki cita rasa yang sangat unik. Lele yang sudah digoreng hingga gurih, kemudian disajikan dengan sambal khas yang tentunya lezat. Makanan ini lebih lezat dinikmati bersama nasi putih dan lalapan seperti mentimun, daun kemangi agar rasanya terlihat segar. Pecel lele di Jawa Timur yang paling terkenal ialah pecel lele khas Lamongan yang memilii cita rasa unik, enak tersendiri. Jangan lupa menikmati makanan khas ali Jawa Timur ini ketika anda sedang mengunjungi kota ini.

Leave a Reply