Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi Dengan Penggunaan Popok

Ruam popok adalah peradangan kulit diarea yang tertutupi popok, gejala awalnya adalah kulit kemerahan dan sedikit lecet-lecet pada area yang terkena ruam dan disertai rasa gatal, area yang sering terkena ruam popok adalah di sekitar pantat, pangkal paha bagian dalam, dan area kelamin sang bayi. Ruam popok pada bayi dapat diatasi dengan penggunaan popok bayi dengan benar. Penggunaan popok bayi yang benar meliputi meminimalisir pemakaian popok sekali pakai, mengganti merek popok, menggunakan popok berukuran lebih besar saat terkena ruam popok.

Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi Dengan Penggunaan Popok
Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi Dengan Penggunaan Popok
  • Meminimalisir pemakaian popok

Meminimalisir pemakaian popok dapat dilakukan dengan cara menggunakan popok hanya pada saat berpergian saja atau pada malam hari. Selebihnya, gunakan popok yang terbuat dari kain agar kulit bayi bisa bernapas. Penggunaan popok kain atau popok yang terbuat dari bahan katun dapat dengan mudah menyerap air, sehingga kamu tahu kapan waktu harus menggantinya.

  • Mengganti merek popok

Popok modern memang bisa menyerap lebih banyak cairan, tetapi kulit bayi juga perlu diangin-anginkan untuk bernapas. Popok terbuat dari bahan yang sulit menyerap keringat, hal tersebut bisa menyebabkan kulit dibagian yang tertutup popok mengalami iritasi atau terjadinya ruam popok. Salah satu cara mengatasi ruam popok adalah dengan cara mengganti merek popok, karena bisa saja popok sekali pakai memiliki bahan tertentu yang tidak cocok dengan jenis kulit bayi kamu. Jadi kamu harus mencari popok yang sesuai dengan jenis kulit bayi kamu.

  • Menggunakan popok berukuran lebih besar saat terkena ruam popok

Jika saat terkena ruam pokok, gunakanlah popok yang berukuran lebih besar dari ukuran bayi atau popok yang longgar, supaya kulit di daerah yang tertutupi popok mendapatkan sirkulasi udara yang lebih baik

Para orang tua pasti tidak mau melihat bayinya terkena ruam popok, untuk itu kamu harus mencegah sedini mungkin dengan cara menggunakan MLT Molto saat mencuci pakaian sang bayi, khusunya mencuci popok kain bagi bayi yang menggunakan popok kain. MLT Molto memiliki keunggulan antara lain aman untuk kulit bayi sensitif, harum tahan lama, membuat pakaian lebih lembut, dan pastinya mencegah bakteri menempel pada kain, sehingga tidak menimbulkan ruam popok.

Itulah informasi tentang mengatasi ruam popok pada bayi dengan penggunaan popok yang benar. Semoga artikel ini bemanfaat.   

Leave a Reply