Mengetahui Perkembangan Janin Dari Minggu Ke Minggu

Mengetahui Perkembangan Janin Dari Minggu Ke Minggu

Kehamilan adalah saat yang paling dinantikan oleh sepasang suami istri yang sedang mendambakan keturunan. Ketika seorang wanita tahu bahwa dirinya  sedang hamil, hari-harinya pasti diiringi dengan kebahagiaan. Tentu saja, menjaga kehamilan tidak kalah penting untuk dilakukan. Tujuannya tentu saja agar janin sehat.  Yang seharusnya dilakukan oleh setiap ibu hamil adalah mengetahui perkembangan janin dari minggu ke minggu sehingga dia dapat memantau buah hatinya yang masih berada dalam kandungan. Perkembangan janin dari minggu ke minggu akan diuraikan lebih jelas di bawah ini.

Perkembangan Janin Pada Minggu Pertama

Pada minggu pertama, pembuahan belum terjadi. yang ada hanya pembentukan sperma dengan ovum yang pada akhirnya memberikan informasi bahwa dalam rahim ada calon bayi. Ketika itu, janin telah memiliki semua bekal genetik. Pada minggu pertama, ibu wajib memenuhi kebutuhan nutrisi dan kebutuhan akan oksigen. Pada minggu kedua dan ketiga, pembuahan sudah terjadi. pembuahan terhadap sel-sel telah ada. Ukuran janin sangat kecil yaitu antara 0,1-,0,2 mm. Ibu hamil mungkin belum menyadari bahwa dia sedang mengandung.

Perkembangan Janin Pada Minggu Ke Enam

Pada minggu ke enam, rata-rata ukuran embrio adalah 2-4 mm. Saraf pada punggung bayi sudah mulai menutup. Jantung bayi mulai berdetak pada minggu ini. Lengan kaki pun sudah kelihatan. Selanjutnya di minggu ke delapan, panjang bayi kira-kira 14-20 mm. Hidung dan kelopak mata sudah terlihat begitu pun dengan telinga.

Perkembangan Janin Pada Minggu Ke Lima Belas

Pada minggu kelima belas, sistem kerangka pada janin sudah mulai berkembang. Bayi perempuan sudah menghasilkan banyak ovum pada minggu ini. Pada akhir minggu, ukurannya biasanya 113 mm panjang dan berat 49 gram. Di waktu minggu kelima belas, bayi sudah bisa menghisap ibu jari dan menggenggam tangannya.

Perkembangan Janin Pada Minggu Ke Tiga Puluh

Di minggu ketiga puluh, bayi itu terus bertambah berat badannya. Mata bayi sudah bisa bergerak ke segala arah. Janin juga bisa membuka dan menutup matanya. Ketika itu, bunda sebaiknya menyenteri perut dan mata bayi sudah bisa tahu ke arah mana senter tersebut bersinar. Cairan ketuban dalam rahim pun mulai berkurang. Si kecil sudah bisa menghasilkan air mata. Berat badan bayi kini sudah mencapai 1,5 kg dan punya panjang kurang lebih 40 cm.

Perkembangan Janin Pada Minggu Ke Tiga Puluh Enam

Lalu di minggu ketiga puluh enam, lapisan lemak pada anggota gerak bayi sudah terbentuk. Ginjal dan liver sudah mulai bekerja sesuai dengan fungsinya. Berat badan bayi di minggu ini sudah 2 kg dengan tinggi 47-48 cm saja. Paru-paru bayi bekerja dengan sangat baik. Di minggu ke tiga puluh tujuh, bayi sudah memiliki rambut yang lebat, sudah bisa melihat, dan mengenal aktivitas sehari-hari. Pada minggu 38-40 janin sudah terbentuk dengan sempurna dan bayi siap untuk dilahirkan. Pada minggu terakhir, bayi telah berbentuk sebagaimana bayi pada umumnya.

Leave a Reply