Perbedaan Gejala Tipes Pada Anak dan Gejala Demam Berdarah

gejala tipes pada anak demam berdarah

Tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyakit tipes tergolong penyakit yang cukup berbahaya karena jika tidak ditangani dengan tepat maka penderita berpotensi tidak sadarkan diri sampai kematian, terutama pada anak. Jika dilihat lagi, gejala tipes pada anak menghambat tumbuh kembang hampir sama dengan gejala jika penderita mengalami penyakit demam berdarah. Inilah yang terkadang membuat masyarakat bingung dalam mendeteksi penyakit tipes pada anak.

Secara umum, penyakit tipes diakibatkan infeksi bakteri di wilayah usus halus. Biasanya bakteri ini bisa masuk ke usus lewat makanan yang dikonsumsi dan telah terkontaminasi oleh bakteri tersebut. Anak-anak memiliki risiko lebih besar terkena penyakit tipes karena sistem imunnya yang belum terbentuk dengan sempurna. Bakteri yang masuk tersebut tidak serta merta langsung memberikan efek berupa gejala penyakit tipes pada anak, namun bakteri tersebut akan berkembang biak terlebih dulu dan kemudian baru menunjukkan tanda-tanda yang merupakan gejala tipes.

Penangganan Pertama Gejala Penyakit Tipes Pada Anak

Seperti yang telah diketahui, penyakit tipes bisa menjangkit siapa sajatanpa pandang usia. Oleh karena itu siapapun, terutama orang tua harus lebih waspada jika suatu hari anak tiba-tiba menunjukkan gejala tipes. Tahapan gejala tersebut diantaranya:

  • Anak akan mengalami demam dimana demam tersebut akan semakin tinggi pada malam hari dan menurun ketika pagi dan siang hari.
  • Jika dilihat pada lidahnya, maka lidah akan berwarna putih seperti kotor pada bagian tengahnya.
  • Bahkan anak juga bisa mengalami mual, muntah dan sakit perut yang ditandai bahwa bakteri telah masuk ke saluran cerna.
  • Bahkan untuk lebih parahnya lagi, organ hati bisa lebih membesar jika bakteri telah berkembang ke organ hati.

Pastikan untuk segera membawa anak ke dokter jika menemukan gejala tipes pada anak tersebut. Untuk tindakan pencegahan, mencuci tangan dengan sabun Lifebuoy sebelum menyiapkan makanan, memasak dan makan harus dibiasakan. Ajarkan anak untuk selalu mencuci tangan dengan Lifebuoy setelah melakukan aktivitas seharian. Selain itu pastikan agar bahan makanan yang dimasak serta air juga bersih dari segala bakteri dan kuman.

Leave a Reply