Stimulasi bayi untuk kecerdasan multiple

stimulasi bayi

Stimulasi bayi sangat penting untuk dilakukan guna meningkatkan kecerdasannya. Kecerdasan sendiri terdiri dari berbagai jenis, tetapi hal itu dapat disebut dengan kecerdasan multiple. Tentunya setiap kecerdasan memiliki cara stimulus yang berbeda-beda. Berikut adalah kecerdasan-kecerdasan tersebut dan bagaimana cara menstimulasinya.

  1. Berbahasa

Kecerdasan ini dapat ditingkatkan dengan stimulasi yang dilakukan dengan cara mengajak bayi anda ngobrol, menyanyi, membacakan cerita secara berulang-ulang dan lain-lainnya yang berhubungan dengan bicara. Ketika umur bayi berkisar antara 3 hingga 6 bulan, anda bisa mengajak bayi anda bermain cilukba. Sedangkan ketika umur bayi berkisar 6 hingga 9 bulan, ia bisa distimulasi dengan memanggil namanya, mengajarinya tepuk tangan, mengajaknya bersalaman dan membacakan sebuah dongeng atau cerita. Ketika usia bayi anda berkisar 9 hingga 12 bulan dapat ditambah dengan menyebutkan secara berulang-ulang nama mama, kakak, papa ataupun nama anggota keluarga lainnya.

  1. Logika matematik

Stimulasi ini sudah sangat sering dilakukan oleh banyak orang tua, yaitu mengajak si kecil untuk bernyanyi maupun bercerita dengan mengaitkan angka-angka, terutama angka 1 hingga 10. Contoh yang paling mudah adalah mengajak si kecil untuk menghitung benda-benda yang ada disekitarnya dan menyanyikan lagu yang mengandung lirik satu-satu aku saying ibu dan masih banyak yang lainnya.

  1. Gerak tubuh

Stimulasi pada kecerdasan ini dapat dilakukan ketika si kecil berusia 6 hingga 8 bulan yaitu dengan cara mengajarinya duduk dan berdiri dengan berpegangan pada sesuatu. Selain itu, pada usia 9 hingga 1 tahun dan ditambah dengan mengajarinya berdiri tanpa pegangan, berjalan dengan berpegangan, minum dari gelas, menggelindingkan bola dan memasukkan mainan dalam lubang yang pas contohnya mainan berbentuk lingkaran dimasukkan pada lubang yang berbentuk lingkaran.

  1. Musikal

Stimulasi dapat diberikan dengan mendengarkan musik atau lagu anak-anak, mengajaknya bernyanyi bersama, memainkan peralatan musik dan masih banyak yang lainnya.

  1. Naturalis

Stimulus dapat dilakukan dengan membacakan cerita bergambar yang memiliki tema lingkungan, kegiatan yang berkaitan langsung dengan lingkungan, dan mengenalkan benda-benda yang berkaitan dengan alam.

  1. Emosi intrapersonal

Stimulasi si kecil dengan mengajaknya berkhayal, mengarang cerita dan lain sebagianya dan usahakan selalu mengajaknya tertawa dan selalu tersenyum. Dan hindari perkataan yang kasar dan kotor dan bertengkar di depan anak anda.

  1. Emosi interpersonal

Stimulasi dapat dilakukan dengan mengajaknya bersalaman, mengenalkan orang baru padanya, mengajarinya meminjamkan barang dan banyak yang lainnya.

  1. Visual spatial

Ajak si kecil untuk melihat gambar-gambar yang lucu seperti tokoh kartun ataupun melihat wajah orang tua maupun keluarganya.

Dari kesemua stimulus bayi yang telah disebutkan diatas, kebanyakan merupakan dibuat oleh Zwitsal dan para dokter anak, jadi jangan ragu untuk melakukan stimulasi diatas kepada bayi anda.

Leave a Reply