Student Dormitory Tingkat Persiapan Bersama IPB

Student Dormitory Tingkat Persiapan Bersama merupakan sebuah program pembinaan yang dilaksanakan oleh mahasiswa baru di tahun pertama pendidikan yang ditempuh di IPB (Institut Pertanian Bogor). Pembinaan ini bukan hanya sekedar pengenalan atau adaptasi lingkungan kampus semata, namun ada banyak hal menarik yang bisa diperoleh oleh setiap mahasiswa baru dalam menempuh pendidikan tinggi di Kampus Darmaga. Dengan kapasitas asrama yang memadai dan banyaknya fasilitas kebutuhan yang mumpuni seperti kantin, wartel, apotik dan lain-lain, tentu saja aktivitas mahasiswa akan semakin terjamin.

Kegiatan Student Dormitory Tingkat Persiapan Bersama dimaksudkan untuk mempermudah mahasiswa untuk mengenali dunia kemahasiswaan sekaligus mengasah kemampuan soft skill yang dimiliki seperti dalam urusan komunikasi, berorganisasi dan memahami banyaknya perbedaan atau kemajemukan yang ada di lingkungan sekitar seperti saat ini. Kegiatan student dormitory juga menjadi media atau sarana pembinaan dalam urusan multibudaya dan akademik. Badan Pengelola Program Akademik, Multibudaya dan Asrama TPB-IPB selaku organisasi yang berperan dalam kegiatan Student Dormitory TPB di Institut Pertanian Bogor memiliki beberapa bagian penting, antara lain:

  • Kepala Asrama.
  • Manajer Unit.
  • Kakak Asrama.
  • Tim Bimbingan Konseling.

Selama kegiatan Student Dormitory berlangsung, rasa kebersamaan akan semakin tertanam dengan baik. Mahasiswa baru bisa berkonsultasi atau curhat dengan Kakak Asrama ataupun Tim Bimbingan Konseling mengenai hal-hal yang tengah dihadapi. Sikap saling tolong menolong yang tercipta nantinya akan mempengaruhi kelancaran aktivitas studi. Hubungan emosional yang terbangun antar sesama mahasiswa, baik adik maupun kakak asrama akan dibawa hingga keluar dari asrama TPB, lulus dari program studi dan bergabung dalam Organisasi Mahasiswa Paguyuban Daerah.

Biasanya OMDA aktif dalam melakukan promosi ke berbagai sekolah sebagai ajang silaturahmi dan menyambung tali persaudaraan dengan baik terutama di sekolah asal mahasiswa sesuai daerahnya masing-masing. Tak hanya itu, biasanya buku-buku yang sudah tidak terpakai oleh OMDA juga akan diberikan atau diturunkan pada adik kelasnya se-daerah yang masih beraktivitas di TPB – IPB (Institut Pertanian Bogor) sebagai bentuk rasa saling berbagi satu sama lain.

Baca Juga : Syarat-Syarat Pendaftaran Masuk Program Diploma di IPB

Leave a Reply